Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jualan di Facebook agar bisa COD

Cara Jualan di Facebook agar bisa COD - Facebook merupakan media sosial yang bisa digunakan untuk jualan, mencari info, untuk hiburan dan lain-lain. di Facebook pengguna bisa menawarkan barang, baik itu melalui update status, posting di grup, maupun beriklan secara berbayar di FB. Facebook juga menghadirkan fitur marketplace, fitur yang sangat membantu bagi penjual barang di facebook.

Berjualan di Facebook menjadi pilihan banyak orang. Karena Facebook adalah media promosi yang mudah bagi pemula. Bukan hanya pemula saja, tetapi yang sudah ahli pun banyak yang memanfaatkan FB sebagai media promosi, karena memang FB sangat potensial untuk dijadikan tempat jualan.

Namun, Jika ingin jualan di Facebook jangan asal promosi. Facebook adalah media sosial, orang menggunakan FB belum tentu untuk membeli barang. Dengan begitu, kita tidak bisa asal-asalan bikin status di FB, kemudian berharap jualan ramai. Boleh saja sih berharap, tapi mesti realistis. Jualan di FB ini ada tekniknya. lalu bagaimana cara jualan di facebook COD? Oke simak artikel di bawah.

Cara Jualan di Facebook agar bisa COD
Cara Jualan di Facebook agar bisa COD

1. Menggunakan Jasa J&T

J&T bekerjasama dengan Shopee untuk melayani COD. Pembeli yang memesan barang di Aplikasi Shopee bisa memilih metode pembayaran COD, dengan memilih jasa ekspedisi J&T. Jika pembelian diluar shopee, pengirim tidak bisa menggunakan layana COD J&T. J&T memiliki layanan DFOD (Delivery Fee on Delivery) yang memungkinkan ongkir ( ongkos kirim ) dibayar oleh penerima paket. untuk pengiriman reguler, J&T tidak melayani sistem COD.

Untuk mengakalinya, Anda bisa mengarahkan pembeli untuk memesan ke toko Shopee Anda, lalu suruh pembeli memilih metode pembayaran COD.

Meski harus lewat Shopee, tetapi ada kelebihannya loh. kelebihannya adalah bisa lebih cepat dicairkan. Jika pesanan sudah dibayarkan, kemudian pembeli sudah melakukan konfirmasi penerimaan barang, atau membiarkan pesanan secara otomatis terkonfirmasi oleh sistem, dana akan masuk ke akun penjual, kemudian bisa langsung dicairkan.

Untuk Biaya layanan COD J&T adalah sebesar 2% dari harga barang, kalau untuk dropshipper biayanya 8% dari harga barang. Maksimal harga barang Rp5.000.000.

2. Menggunakan Jasa JNE

Perlu waktu yang lama sampai JNE menghadirkan layanan COD. meskipun J&T layanan ekspedisi baru, sejak tahun 2019 J&T sudah menghadirkan layanan COD, meski lewat marketplace. Sebagai salah satu layanan ekspedisi, JNE tak boleh ketinggalan dalam berinovasi agar tetap bisa bersaing dalam persaingan jasa ekspedisi yang semakin ketat.

Metode pembayaran COD ini berlaku untuk penjual yang menjual barang nya di luar marketplace. Ada syarat tertentu untuk bisa mengguakan layanan COD JNE bagi penjual, diantaranya adalah penjual harus menjadi member JNE Loyalty Club (JLC) minimal 1 bulan. Untuk pendaftaran JLC ini bisa lewat online atau datang langsung ke kantor JNE.

Baca juga: Cara Laris Jualan di Facebook untuk Pemula tanpa Iklan

3. Menggunakan Jasa Ninja Xpress

Bagi Anda pedagang online yang galau, karena sudah kasih nomor rekening tapi calon “buyer” tidak transfer-transfer bisa mencoba mendaftar jadi Mitra COD yang dilakukan oleh Ninja Xpress. Prosesnya gampang, nggak ribet asal anda punya produk yang akan di jual.

Untuk cara daftar nya anda cukup isi biodata yang disodorkan saja. tunggu beberapa hari, jika sudah disetujui anda bisa mulai jualan dengan fitur COD. Jika  yang ingin menjajal fitur COD yang ini, datangi saja outlet Ninja Xpress untuk menanyakan prosesnya. Jualan lebih enak dan pembeli lebih suka bayar di tempat. ada seseorang yang menggunakan jasa Ninja Xpress ini, katanya selama ini tanpa kendala dan sudah mengirim paket baik bahan sabun dan lainnya ke seluruh Indonesia.

Selain J&T, JNE dan Ninja Xpres layanan ekspedisi lain yang bisa melayani COD adalah SAP Express, dan Pos Indonesia. kedua nya ini sama seperti Ninja Xpres di juluki sebagai Si Cepat.

Nah Itulah 3 Cara Jualan di Facebook agar bisa COD, Semoga Bermanfaat.