Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Cara Sukses Jualan Online di WhatsApp

Cara Sukses Jualan Online di WhatsApp - Jualan di WhatsApp banyak diminati orang di era digital saat ini. Kenapa?, karena WhatsApp efektif menarik minat pelanggan untuk bertransaksi. Jika anda ingin sukses jualan di WhatsApp tentunya anda harus memikirkan cara supaya dagangan anda laris manis. lalu bagaimana caranya agar jualan di WhatsApp bisa laris ?. Untuk mengetahui jawabannya Simak artikel di bawah ini.

Cara Sukses Jualan Online di WhatsApp
16 Cara Sukses Jualan Online di WhatsApp

1. Tentukan Target ( Goals )

Tahap pertama dari cara jualan online laris di whatsaap adalah dengan menentukan goals atau target yang dicapai terlebih dahulu. jika anda sudah memutuskan target, susunlah rencana pemasaran yang akan Anda lakukan, diikuti juga dengan segmen pasar yang ingin dijangkau. Hal tersebut bisa membuat aktivitas marketing atau pemasaran Anda terarah dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Hanya Menggunakan Satu Nomor untuk Jualan

Cara sukses jualan online di WhatsApp yang kedua adalah dengan memisahkan kontak Anda untuk berjualan dengan nomor pribadi. Hal tersebut bisa mempermudah anda membedakan pesan pelanggan dengan kolega. Akun Anda tentunya juga akan terlihat lebih profesional.

Apabila Anda kerepotan dalam menangani permintaan pelanggan dan punya banyak Admin, Anda bisa menggunakan WhatsApp Business API. WhatsApp API punya fitur yang bisa membuat Anda mengaksess satu aku WhatsApp dengan banyak admin dari berbagai device (multi admin) sekaligus.

3. Membuat Grup Bisnis

Cara sukses jualan online di WhatsApp selanjutnya adalah dengan membuat grup bisnis yang berisikan keluarga, saudara, teman, tetangga, kolega, atau calon pelanggan potensial. Di grup ini Anda bisa melakukan promosi secara mudah dan ngobrol dengan mereka agar anda lebih dekat. Ketika Anda sudah dekat dengan pelanggan, Anda akan lebih mudah mengetahui produk seperti apa yang mereka butuhkan.

hindari berpromosi terlalu sering karena bisa membuat anggota grup Anda merasa tidak nyaman. Sebagai gantinya, bagikan tips-tips atau informasi yang bermanfaat sehingga grup nya tetap terlihat “hidup” tanpa mengganggu kenyamanan orang di dalamnya.

4. Mudah Dihubungi & Memberikan Respon Cepat

Semua orang pasti menginginkan pelayanan yang mudah dan cepat. Jadi, pastikan WhatsApp Anda selalu aktif dan membalas pesan dari pelanggan secara cepat. dua-duanya adalah hal yang penting yang membuat mereka merasa dihargai. Apabila anda terpaksa tidak bisa membalas dengan cepat, jangan lupa untuk minta maaf kepada pelanggan karena sudah membuat pelanggan menunggu.

5. Perluas Jaringan Pertemanan

Tips jualan online berikutnya adalah memperluas jaringan pertemanan. Semakin banyak teman anda, maka  kesempatan untuk meningkatkan penjualan juga semakin besar. Perluas jaringan pertemanan Anda agar anda bertemu dengan orang-orang baru, bertukar nomor WhatsApp, lalu membangun hubungan baik dengan mereka.

6. Beralih ke Akun WhatsApp Business

WhatsApp Business dirancang khusus untuk memudahkan Seorang penjual berjualan di platform WA. Setelah itu, WhatsApp meluncurkan varian terbaru yaitu WhatsApp Business API. kabar baiknya aplikasi ini punya fitur  lengkap.

Fitur-fitur yang ada di WA API membantu transaksi jual beli menjadi lebih efektif dan efisien. WhatsApp API juga dapat terintegrasi dengan aplikasi lainnya seperti email, instagram, facebook dan aplikasi lainnya dalam satu platform.

7. Pakai Metode Pembayaran yang Simpel

Cara jualan di WhatsApp agar laris dan sukses yang keempat adalah perhatikan metode pembayaran yang akan anda gunakan. Pada umumnya, konsumen menginginkan metode pembayaran dan transaksi yang mudah. Selain itu, perhatikan juga keamanan prosesnya. Dengan begitu, pembeli atau konsumen akan merasa aman ketika melakukan transaksi.

Untuk metode pembayarannya usahakan harus banyak, sediakan pembayaran Via transfer antar bank, dompet digital, dan menggunakan payment link. Semakin beragam metode pembayaran yang anda gunakan, maka hal itu juga akan mencerminkan bisnis Anda semakin baik dan tepercaya di mata konsumen. 

8. Membuat Foto yang Menarik

Buatlah foto-foto produk yang bisa memikat, lalu tampilkan di profil, status dan disebarkan kepada calon pelanggan lewat broadcast di grup WhatsApp. Anda Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli kamera DSLR atau menyewa fotografer profesional untuk membuat  foto yang menarik, terlebih jika anggaran bisnismu masih terbatas. 

Anda Cukup menggunakan smartphone yang memiliki fitur kamera yang memadai, yang tentu saja harganya masih lebih murah dibandingkan kamera DSLR. 

Gunakan juga tripod bila perlu agar hasilnya maksimal. Pertimbangkan juga untuk memanfaatkan kotak studio foto mini yang banyak dijual di toko online. 

Setelah itu mulailah bereksperimen untuk menciptakan banyak foto produk yang menarik hanya dari meja kerjamu dengan berbagai angle. Cobalah untuk mengambil gambar dari sudut yang berbeda-beda, mulai dari overhead hingga off-center. Jangan lupa untuk mengambil foto dari setiap sisi, atau dari jarak yang lebih dekat jika detail produk memiliki nilai jual yang tinggi.

9. Mengganti Foto Profil dan Status 

Cara jualan di WhatsAap agar laris dan sukses berikutnya adalah dengan rutin mengganti foto profil dan status dengan gambar produk yang kamu jual. cara tersebut merupakan cara yang efektif dan sederhana untuk berpromosi dan menarik perhatian calon pelanggan. Dengan melakukan hal ini, anda tidak perlu posting produk di grup secara terus-menerus. Gunakan foto yang menarik dan unik untuk memancing calon pelanggan meng-klik foto tersebut.

Di status, anda bisa melakukan update promo terbaru produk-produk anda, dengan menampilkan foto-foto, video singkat, serta sedikit penjelasan.

10. Manajemen Kontak

Cara jualan di WhatsApp yang keempat adalah anda harus mengelola kontak pelanggan yang Anda punya menjadi beberapa kategori. Dengan melakukan hal tersebut, Anda bisa melihat kontak mana yang potensial untuk ditindaklanjuti atau kontak yang lama tidak dihubungi. Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan pesan kampanye sesuai dengan kebutuhan mereka.

11. Buat Konten Marketing Kekinian atau Mengikuti Tren

Cara jualan online di WhatsApp agar laris selanjutnya adalah strategi pemasaran melalui konten atau disebut konten marketing. Dimana konten tersebut harus bisa menarik leads atau pelanggan sehingga mereka mau melakukan pembelian. Oleh karena itu, penting untuk Anda membuat konten yang sesuai dengan tren di pasar.

12. Personalisasi

Cara jualan di WhatsApp selanjutnya yaitu dengan mengirimkan pesan yang dipersonalisasi. Pesan yang bersifat personal lebih disukai pelanggan karena mereka merasa lebih dihormati dan dekat. Gunakan QONTAK.COM, agar Anda dapat mengirimkan pesan kampanye yang dipersonalisasi kebanyak kontak sekaligus (WA blast).

13. Gunakan Call to Action (CTA)

Pastikan setiap pemasaran anda menyisipkan kata-kata call to action pada konten marketing, sebelum anda mengirimkan broadcast WhatsApp ke pelanggan. Contoh kalimat call to action seperti: “Beli sekarang!”. Cara jualan di WhatsApp yang ini sangat penting karena CTA secara tidak langsung dapat mempengaruhi leads atau pelanggan untuk melakukan transaksi.

14. Kirimkan Broadcast WhatsApp

Cara jualan di WhatsApp selanjutnya adalah mengirimkan broadcast yang berisi promosi ke pelanggan dan leads. Buatlah isi pesan broadcast yang dipersonalisasi. Tapi ingat, Anda tidak boleh terlalu sering mengirimkan broadcast. karena, pesan broadcast yang terlalu sering akan dianggap sebagai spam dan akun Anda bisa dibekukan/blokir oleh WhatsApp.

Akun anda tidak akan diblokir apabila Anda mengirimkan broadcast dari WhatsApp Business API. WhatsApp API punya fitur blast atau bulk sender yang dapat menyebarkan pesan Anda ke banyak nomor sekaligus dalam waktu yang singkat. WhatsApp API ini hanya dapat diperoleh dari official partner WhatsApp API seperti Qontak.com. Jadi akun WhatsApp Anda tidak akan diblokir oleh WhatsApp.

15. Menjalin Hubungan dekat dengan Pelanggan

Cara jualan di WhatsApp berikutnya adalah dengan memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui customer service yang baik. Jalin komunikasi dengan memberikan wawasan bermanfaat yang berkaitan dengan produk Anda. Jika anda aktif memberikan informasi bermanfaat kepada pelanggan melalui WhatsApp, maka Anda akan lebih dekat dengan pelanggan.

Baca juga: Cara Laris Jualan di Facebook untuk Pemula tanpa Iklan

16. Harus Konsisten

Cara jualan di WhatsApp berikutnya adalah harus konsisten, dimana Anda harus tetap melakukan semua strategi marketing sesuai dengan jalurnya. Namun apabila ada kendala di tengah perjalanan, segera identifikasi dan lakukan perbaikan. Lakukan juga evaluasi secara rutin agar anda mengetahui strategi mana yang kurang efektif dan bisa ditingkatkan untuk selanjutnya.

Nah Itulah 16 Cara Sukses Jualan Online di WhatsApp.

Semoga Bermanfaat.