Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Laris Jualan di Facebook untuk Pemula tanpa Iklan

Cara Laris Jualan di Facebook untuk Pemula tanpa Iklan - Memang belakangan ini facebook sudah tidak terlalu banyak pengguna yang aktif dari seluruh dunia. namun, ternyata masih banyak Orang Indonesia yang menggunakan Facebook,bahkan diketahui bertambah. Karena alasan ini, Facebook masih menjadi lapak terbaik bagi Anda yang ingin memulai usaha. Bahkan, sudah banyak dibuktikan oleh para penjual online lain yang menerapkan cara jualan di facebook dengan berbagai trik berbeda-beda. 

Jika Anda baru pertama kali memulai usaha online dan mencoba memasarkan produk Anda di Facebook, mungkin dagangan anda tidak laris. Alasannya bisa karena Anda masih awam dengan pemasaran di platform ini sehingga harus mempelajari dulu beberapa tips yang mungkin berguna ke depannya. Nah untuk mengetahui tips jualan di facebook untuk pemula, simak artikel di bawah ini.

Cara Laris Jualan di Facebook untuk Pemula tanpa Iklan
Cara Laris Jualan di Facebook untuk Pemula tanpa Iklan

1. Tentukan Produk yang akan Anda Jual

Jika dalam hal jualan produk Anda ngawur dalam menentukan produk yang akan Anda jual, semua bisa melakukan hal ini. Akan tetapi, untuk memecahkan rekor dan mengambil pangsa pasar Anda harus memilih produk unik yang akan Anda jual nantinya. Meskipun Anda menjual produk yang sama dengan dagangan orang lain, pastikan toko Anda memiliki keunggulan yang jarang dimiliki toko orang lain. Jika Anda ingin pangsa pasarnya itu anak remaja dan orang biasa, pastikan Anda tidak menjual barang dengan harga yang mahal. Namun, untuk lebih mengutamakan kualitas Anda harus lebih selektif dalam memilih barang yang akan dijual.

2. Ambil Gambar atau Foto Barang yang Berkualitas

Karena jualannya secara online, Anda harus selalu memperhatikan kualitas gambar dan foto dari produk yang Anda akan jual. Karena, jika gambar yang Anda posting itu kabur, buram, dan warnanya sangat meragukan, pasti banyak calon pembeli yang tidak percaya dengan kualitas produk anda. Kalau mereka tidak percaya, mereka tidak akan tertarik untuk bertanya apalagi membelinya. Maka, jika Anda menjual barang dengan sistem pesan order, coba minta pada distributor untuk dikirimkan gambar barang yang bagus dan jelas.

3. Perbanyak Teman di Facebook

Berbeda dengan media sosial yang lain, jika Anda memasarkan produk anda di Facebook bisa cepat sekali informasi toko Anda diketahui oleh pembeli lain. Maka, untuk mewujudkan hal ini Anda harus memiliki banyak followers agar mereka dapat selalu update dengan informasi toko Anda.

4. Posting Informasi yang Berhubungan dengan Penjualan Anda

Untuk mencegah rasa bosan, Anda jangan setiap hari posting produk yang Anda jual. Coba untuk posting informasi lain yang berhubungan dengan toko Anda, namun bermanfaat bagi para konsumen. Misalnya Anda menjual pakaian, coba sesekali posting mengenai tips memilih baju yang sesuai dengan bentuk tubuh atau tema yang lain.

5. Selalu Respons Pesan dari Pembeli

Jangan pilih-pilih dalam menanggapi pesan yang masuk ke inbox anda. Selalu balas tiap pesan yang masuk sekalipun ujung-ujungnya cuma tanya doang. Jika anda cepat dalam membalas pesan dari calon pembeli, maka anda akan dihargai Facebook dengan diberi lencana “Sangat Responsif”. Ini tentunya bagus buat usaha jualan kamu. Sebab nantinya pembeli cenderung membeli barang ke kamu karena cepat merespons.

6. Gunakan Fitur Marketplace

Untuk mengenalkan produk barang atau jasa yang Anda tawarkan kepada calon pembeli secara efektif yaitu dengan menggunakan fitur marketplace. Fitur ini disajikan secara sederhana dan terletak pada bagian kiri halaman saat Anda login ke Facebook menggunakan desktop, sehingga memudahkan Anda untuk menggunakannya.

Anda bisa memasukan informasi atau deskripsi produk secara lengkap, seperti foto produk, harga, lokasi, dan deskripsi detail produk, serta nama Anda sebagai penjual. Untuk melakukan transaksi, Anda diharuskan bertemu dengan pembeli secara langsung atau Cash On Delivery (COD). Meski transaksi dapat dilakukan via transfer dan jasa ekspedisi, COD dimaksudkan untuk meminimalisir penipuan.

7. Manfaatkan Grup Jual Beli

Selain menggunakan fitur marketplace, cara jualan di Facebook lainnya yaitu bergabung dengan grup-grup jual beli. Anda bisa gabung di grup jual beli berdasarkan lokasi yang bisa Anda jangkau. Jika sudah masuk ke grup jual beli, Anda hanya perlu mengunggah atau memposting produk untuk memperbesar peluang produk cepat laku. Nantinya, calon pembeli akan menghubungi anda via pesan di Facebook atau kontak yang Anda cantumkan.

8. Posting Foto atau Video Testimoni

Orang-orang akan lebih percaya bahwa produk yang kamu jual berkualitas, jika orang yang belum beli produk kamu mendapatkan bukti berupa Screenshot yang menampilkan kepuasan seorang pembeli. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memasang postingan foto screenshot testimoni dari pelanggan atau video testimoni yang dapat menarik audience untuk mencoba produk kamu juga.

9. Lakukan Analisis Konten Secara Berkala

Jangan lupa untuk melakukan analisis terhadap konten jualanmu secara berkala. Karena hal ini penting. Analisis konten ini dapat dilakukan dari segi caption, gambar/foto, dan desain produk yang kamu jual.

10. Pelajari Copywriting

Apa itu Copywriting ?.Copywriting adalah kata-kata yang digunakan untuk menarik perhatian dan bertujuan pembelian, copywriting ini harus dibuat semenarik mungkin agar audience penasaran dengan produk anda. Copywriting ini berbeda dengan caption atau artikel biasa ya.

Untuk membuat copywriting yang baik, kamu harus mempelajari teknisnya. Untuk cara membuatnya anda bisa cari di Google. 

Baca juga: 16 Cara Sukses Jualan Online di WhatsApp

11. Update Status Yang Kreatif

Untuk menarik perhatian orang, selain menggunakan copywriting kamu juga harus membuat post sekreatif mungkin. Bisa dari tema, grafis, atau mengikuti trend yang sedang banyak dibicarakan saat itu juga.

Namun, anda juga tetap harus menambahkan informasi yang berkaitan dengan produk anda agar audiens tetap mengingat apa yang sedang anda tawarkan. Jangan terlalu kaku dalam membuat post untuk dapat menarik minat audiens.

Baca juga: Cara Jualan di Facebook agar bisa COD

Nah Itulah Beberapa Cara Jualan di Facebook Untuk Pemula tanpa Iklan, Semoga Bermanfaat.