Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Meningkatkan Daya tahan Tubuh Bayi yang sudah Terbukti Berhasil

MASIMRON.COM - Cuaca yang tak menentu dan banyaknya virus yang berkeliaran, membuat Moms harus ekstra keras dalam menjaga kesehatan Si Kecil. mengapa? karena bayi masih dalam tahap berkembang dalam meningkatkan imunitasnya.

Charles Shubin, M.D., seorang profesor pediatri di University of Maryland mengatakan, perlahan-lahan bayi akan meningkatkan kekebalan tubuhnya dalam melawan serangkaian virus, kuman, dan organisme lain.

“Itulah sebabnya banyak dokter anak menganggap bahwa pilek, flu, atau infeksi telinga yang terjadi per tahun adalah hal yang normal. kata dia semua orang memasuki dunia ini dengan sistem kekebalan tubuh yang tidak berpengalaman.

Berikut Cara Meningkatkan Daya tahan Tubuh Bayi
10 Cara Meningkatkan Daya tahan Tubuh Bayi yang sudah Terbukti Berhasil

1. Tingkatkan Asupan Nutrisi

Wortel, kacang hijau, jeruk dan stroberi, Semua  itu mengandung karoten, yang merupakan fitonutrien penambah kekebalan tubuh .

Fitonutrien bisa meningkatkan produksi sel darah putih dan interferon tubuh yang bisa melawan infeksi, suatu antibodi yang bisa melapisi permukaan sel, jadi bisa menghalangi virus.

beri lima porsi buah dan sayuran dalam sehari. Satu porsi disini sekitar dua sendok makan untuk balita dan 1 gelas yang lebih besar untuk anak-anak. menambahkan buah dan sayur seperti kale, blueberry, bayam dan jeruk malah lebih baik.

Jangan meremehkan vitamin C, karena dengan mengkonsumsi vitamin bisa meningkatkan sistem imun bayi. Vitamin ini berperan penting dalam mendukung respons kekebalan tubuh. 

2. Tingkatkan Kualitas Tidur

“Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit. lalu Berapa banyak waktu tidur yang dibutuhkan oleh anak-anak? bayi mungkin perlu waktu tidur hingga 16 jam dalam sehari, balita membutuhkan 11 hingga 14 jam, dan anak-anak prasekolah membutuhkan waktu tidur 10 hingga 13 jam.

Jika anak Anda tidak bisa atau tidak mau tidur siang, coba baringkan anak anda lebih awal.

3. Jaga bayi anda dari Penyebaran Kuman

Melawan kuman memang tidak secara teknis dapat meningkatkan imunitas, tetapi ini cara yang bagus untuk mengurangi stres pada sistem imunitas bayi.

Cara meningkatkan imunitas bayi yang ini cukup mudah. Pastikan Si Kecil sering mencuci tangan menggunakan sabun. Pastikan Si Kecil mencuci tangan nya selama 20-30 detik mengunakan air hangat dan sabun antibakteri.

Biasakan Si Kecil mencuci tangan nya sebelum dan sesudah makan dan setelah bermain di luar, setelah ke kamar mandi, dan sehabis keluar dari rumah.

4. Jaga Kesehatan Usus

Perlu anda ketahui, Dengan 70-80 persen dari sistem imun yang berada di sepanjang saluran pencernaan, terdapat hubungan yang kuat antara mikrobiota usus dan kesehatan secara keseluruhan.

Sederhananya, ketika bakteri di usus benar-benar seimbang, maka akan ada populasi bakteri menguntungkan yang berkembang. hal ini tentunya bisa mendukung sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang bisa meningkatkan pencernaan dan microbiome yaitu protein tanpa lemak, biji-bijian, sayuran hijau, buah-buahan dan sayuran rendah gula seperti pisang dan alpukat.

5. Bersihkan tempat yang di gunakan bayi

Kalau tempat bayi anda bersih dan higienis, bayi anda akan aman jika berada di situ. Karena kuman tidak ada di situ. anda juga harus Sering mencuci tangan dan kaki bayi dan juga memastikan bahwa mereka yang memegang bayi melakukan hal yang sama.

6. Jauhkan bayi dari asap rokok

Racun asap juga diketahui dapat menyebabkan kerusakan pada sistem kekebalan tubuh bayi. Kesulitan bernapas, asma, bronkitis, dan infeksi telinga adalah risiko yang mungkin diderita bayi jika terpapar asap rokok secara teratur.

7. Olahraga atau kegiatan fisik

Sistem kekebalan bayi bisa ditingkatkan dengan cara latihan fisik atau bermain. Bayi dapat melakukan kegiatan seperti berenang atau menggerakkan semua anggota tubuhnya. Bayi yang aktif secara fisik lebih siap untuk menghadapi bakteri dan kuman dan tentunya bayi akan tidak mudah terserang penyakit.

8. Tidur yang cukup

Berdasarkan penelitian, bayi yang kurang tidur akan menjadi pemarah dan juga cenderung menjadi incaran penyakit. Bayi harus mendapatkan tidur yang cukup saat siang hari dan tidur nyenyak saat malam hari. Kurang tidur sering menjadi penyebab bayi menjadi rentan terhadap infeksi dan penyakit.

9. Menyusui bayi

Apakah anda tau bahwa ASI kaya dengan semua bahan yang tepat dan dalam jumlah yang tepat seperti lemak, protein, gula, probiotik, dan antibodi yang tentunya penting untuk mendukung sistem kekebalan bayi. Semua antibodi yang dikembangkan oleh Mama untuk melawan kuman diturunkan ke bayi melalui ASI. Menurut laman IDAI, ASI sering disebut sebagai darah putih, mengapa? karena ASI mengandung sel-sel yang penting dalam pemusnahan kuman dan merupakan perlindungan pertama pada saluran pencernaan bayi.mungkin Terkadang Mama tidak bisa menyusui karena beberapa alasan, tapi anda tidak perlu khawatir karena  bayi mendapatkan antibodi dari susu formula atau makanan bayi.

10. Beri Bayi Suplemen

Bakteri usus yang sangat penting untuk kekebalan bayi, bisa hilang kemampuannya jika Mama mengonsumsi antibiotik. Probiotik adalah pilihan yang disarankan untuk meningkatkan imunitas setelah pemberian antibiotik.   selama kehamilan akhir Probiotik aman-aman saja dan sesudah melahirkan. Anda harus berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai segala jenis suplemen untuk bayi. Secara umum, ASI dan makanan bayi sudah cukup untuk menyediakan semua vitamin dan mineral yang diperlukan.

Itulah 11 cara meningkatkan daya tahan tubuh bayi, semoga bermanfaat.