Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara menurunkan Kolesterol tanpa Obat

MASIMRON.COM - Bagaimana cara menurunkan kolesterol tanpa obat?. kolesterol merupakan zat yang penting bagi metabolisme tubuh. Namun, kolesterol juga bisa menyebabkan terkena penyakit kardiovaskular apabila kadarnya terlalu tinggi dan tidak dekendalikan secara baik.

Dilansir dari Health.Detik.Com, penyakit kardiovaskular adalah penyakit tidak menular, penyakit ini penyebab kematin nomor satu di indonesia. Kematian yang di sebabkan penyakit disebut mencapai 36,3 persen dari total kematian di Indonesia pada tahun 2016.
Oleh sebab itu, penting untuk mengecek kolesterol secara rutin. segera rubah gaya hidup anda jika kolesterol dalam darah terlalu tinggi.

Berikut 9 Cara Menurunkan Kolesterol tanpa Obat
9 Cara menurunkan Kolesterol tanpa Obat

1. Kurangi Lemak Trans

Menurut American Heart Association (AHA) mengkonsumsi lemak trans tidak baik untuk kesehatan karena bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). beberapa sumber lemak trans yaitu margarin, minyak sayur terhidrogenasi, isi perut sapi, gorengan, domba dan kambing.

2. Kurangi Lemak Jenuh

Lemak jenuh bisa secara langsung meningkatkan kadar LDL di dalam darah. Makanan yang mengandung lemak jenuh yaitu  daging merah, kulit ayam, mentega, minyak goreng, dan keju.

3. Mengkonsumsi Buah Alpukat

di dalam buah alpukat terdapat Vitamin  K, C, B6, B5, E dan lemak tak jenuh tunggal yang bisa menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit stroke. alpukat juga bisa mengatur kadar kolesterol HDL dan LDL serta trigliserida darah.

4. Mengkonsumsi Buah Apel

mengkonsumsi buah apel juga bisa menurunkan.kolesterol secara alami. Studi yang dipublikasi di International Journal of Preventive Medicine 2011 menyebut bahwa mengkonsumsi 300 gram buah apel setiap hari selama 8 minggu bisa menurunkan kolesterol.

Peneliti menyebut hal ini berkaitan dengan kandungan polifenol dan serat pada buah apel.

5. Jeruk dan Lemon

Buah jeruk dan lemon punya kandungan Antioksidan Vitamin C, kandungan tersebut bisa memperkuat daya tahan tubuh. buah ini juga mengandung hesperidin yang bisa mengurangi gejala pektin (serat), hipertensi, dan senyawa limonoid yang bisa memperlambat aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) dan bisa menurunkan kolesterol dalam darah.

6. Hindari Rokok

Rokok bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dengan berbagai cara. Salah satu nya yaitu mengubah cara tubuh dalam menangani kolesterol.

Sel-sel kekebalan di tubuh seorang perokok tidak bisa mengembalikan kolesterol dari dinding pembuluh darah ke darah untuk diangkut ke hati. Sel-sel kekebalan yang disfungsional ini bisa mempercepat penyumbatan arteri yang bisa menyebabkan penyakit kronis.

7. Minyak Zaitun

Menganti mentega dengan minyak zaitun bisa menurunkan kolesterol jahat sampai 15 persen. 

Pilih minyak zaitun extra virgin yang mengandung lebih banyak antioksidan sehingga bisa membentengi diri anda dari berbagi penyakit.

8. Kelola Stres

Ternyat stres berlebihan juga bisa meningkatkan kadar koleterol. Maka dari itu, mengelola stres adalah hal yang penting.

Ada banyak cara untuk menghilangkan stres seperti yoga dan meditasi yang bisa menenangkan pikiran dan tubuh.

9. Mengkonsumsi Ikan

Mengkonsumsi ikan ternyat bisa menurunkan kadar kolesterol. Ikan mengandung protein dan lemak nabati yang baik untuk dikonsumsi. WebMD menyarankan makan ikan setidak nya dua sampai empat kali dalam seminggu.

Ini karena ikan kaya akan omega 3, lemak baik dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas.

Sebaik nya ganti konsumsi daging merah dengan ikan supaya tubuh anda sehat. Ikan yang direkomendasikan yaitu sarden, tuna, mackerel, dan salmon. Konsumsi ikan yang masih segar jangan ikan kalengan.

Nah itulah 9 cara menurunkan kolesterol tanpa obat. Sehat itu mahal jadi jaga tubuh anda dengan baik biar selalu sehat.